PKBM Harmoni Meriahkan Gebyar Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) Kabupaten Cirebon Tahun 2023. Gebyar Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) yang diinisiasi siswa Pendidikan non Formal dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2023 bertempat di  Taman PKK Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan itu, Ketua PKBM Harmoni, Hendi Murtadoilah, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini bermanfaat sebagai duang silaturahmi dan juga wahana publikasi Pendidikan non formal kepada masyarakat. Hal ini akan berguna, agar persepsi berkaitan dengan Pendidikan non formal tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Lembaga Pendidikan formal, pada faktanya, ikut menyumbangkan sumbangsih positif bagi peningkatan sumberdaya manusia Indonesia umumnya, dan masyarakat Kabupaten Cirebon secara khusus.

PKBM Harmoni Meriahkan Gebyar Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) Kabupaten Cirebon Tahun 2023
PKBM Harmoni Meriahkan Gebyar Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) Kabupaten Cirebon Tahun 2023

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon, H Imron, mengapresiasi sejumlah karya yang dibuat oleh siswa pendidikan nonformal dalam kegiatan Gebyar Pendidikan Masyarakat (Dikmas), yang diikuti siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) maupun lembaga keterampilan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena tadi ditampilkan juga karya-karya siswa,” ujar Imron.

Imron menegaskan mendukung jika kegiatan serupa bisa dilaksanakan pada tahun-tahun selanjutnya. Karena menurut Imron, dengan difasilitasinya tempat untuk menampilkan karya, akan membuat siswa maupun lembaga pendidikan nonformal, semakin bisa bersaing. Selain itu, bisa juga ajang ini digunakan sebagai tukar pikiran, untuk mengetahui apa saja kekurangan yang harus dibenahi untuk menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Ronianto mengatakan, dalam kegiatan ini, lembaga pendidikan nonformal bisa menampilkan karya terbaik siswa. Menurut Roni, pendidikan nonformal banyak dianggap sebelah mata, namun kegiatan ini menunjukkan bahwa lembaga non formal itu ada dan bisa berkarya.

“Ini untuk menunjukkan, bahwa pendidikan non formal itu ada dan memiliki karya serta keunggulan,” kata Roni.

Adanya kegiatan ini, diharapkan nantinya para siswa di pendidikan non formal untuk bisa termotivasi dan bisa menciptakan karya yang terbaik. Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon menargetkan di tahun 2023 tidak adalagi anak sekolah yang drop out dari dunia pendidikan atau putus sekolah. Oleh karena itu,keberadaan lembaga pendidikan nonformal akan dioptimalkan sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah. Kehadiran lembaga nonformal sendiri untuk menampung dan memastikan para peserta didik yang mengalami kendala menempuh pendidikan formal atau putus sekolah. Birokrat yang akrab disapa Roni itu, mengapresiasi LKP dan LPK sebagai kegiatan nonformal di Kabupaten Cirebon dalam upaya meningkatkan partisipasi para peserta didik sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah.

“PKBM di Kabupaten Cirebon ada 78, perannya sangat vital sekali karena PKBM ini yang nantinya bekerja sebagai sweeper agar tidak ada anak-anak yang putus sekolah,” imbuhnya.

Kadisdik murah senyum ini meminta seluruh kepala sekolah agar jangan mengeluarkan anak didik yang bermasalah tetapi mereka harus dipindahkan ke bidang PNF. Begitu pula dengan siswa yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/SMA sederajat, Disdik akan mendata dan menyisir lulusan sekolah.