April Mop: Seseorang Dapat Membuat Lelucon Apa Saja

April Mop: Seseorang Dapat Membuat Lelucon Apa Saja

JAKARTA, Harmoni.co.id — Apakah itu April Mop? Mungkin ada di antara kita yang belum apa itu April Mop. Namun, bagi kita yang sudah tahu mengatakan bahwa April Mop adalah hari di mana seseorang dapat membuat lelucon apa saja. Kita boleh membuat lelucon asalkan tidak merugikan atau merusak.

Sebelum lebih jauh percakapan kita, mari kita perhatikan terlebih dahulu apa itu April Mop yang diidentikkan dengan tanggal 1 April?

April Mop atau bisa disebut April Fool’s Day merupakan kegiatan yang diperingati setiap tanggal 1 April. Pada tanggal tersebut, ada kebiasaan beberapa orang melakukan hal-hal lucu atau konyol. Sebagai contoh, orang dianggap sah ‘berbohong’, membuat lelucon, atau hal-hal konyol kepada seseorang atau sekelompok orang tanpa dianggap bersalah. Misalnya, saya pernah membuat lelucon, tepat pada April Mop komputer-komputer satu Divisi Akunting saya cabut semua kabel-kabelnya sebelum para staf divisi tersebut datang. Jadi ketika beberapa orang Staf Akunting mau menyalakan komputer maka komputer tidak nyala. Lalu saya berseru kepadanya: “April Mop.”

Lelucon saya masih sebatas yang wajar, tetapi ada juga lelucon-lelucon orang lain menjadi konyol dan berdampak negatif bahkan merugikan.

Asal-usul April Mop

Saya mengutip dari student.cnnindonesia.com tentang asal-usul April Mop sebagai berikut:

Di Perancis, April Mop sudah dikenal sejak 1582. Ketika itu rakyat Perancis melakukan perayaan tahun baru pada awal April atau akhir Maret. Namun hal ini diubah oleh Pope Gregory XIII yang semula dalam 1 tahun hanya 10 bulan menjadi 12 bulan seperti kalender Masehi saat ini.

Namun karena ketidaktahuan dan ketidakpercayaan, rakyat Perancis tetap merayakan 1 April sebagai tahun baru. Perilaku tersebut ditertawakan oleh sejumlah masyarakat. Orang-orang itulah yang disebut sebagai “April Fools” atau orang-orang yang tertipu pada bulan April.

Menurut Joseph Boskin, profesor dari Boston University, April Mop berawal dari para pelawak kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad 3-4 sesudah Masehi.

Para pelawak ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka untuk menjadi raja walaupun hanya sehari. Raja menyetujui petisi tersebut dan mengangkat Jeter, yaitu salah satu pelawaknya untuk menjadi raja dalam sehari pada 1 April.

Kemudian 1 April diperingati sebagai hari kemustahilan. Sejak itulah 1 April dikenal dengan April Mop di mana seseorang dapat membuat lelucon pada hari itu saja.

Beberapa contoh lain bisa disebutkan di sini terkait 1 April. Adanya peringatan April Mop, terkadang membuat liputan berita yang terbit pada 1 April pun menjadi diragukan (dikutip dari Wikipedia):

  • Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
  • Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.
  • AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada 1 April 1970.
  • Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.
  • Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.
  • Pada 1 April 1993, juara NASCAR Seri Piala Winston, Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.
  • Deathrock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada 1 April 1998.
  • Pada 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.
  • Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.
  • Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada 2003 karena depresi berat.
  • Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Apakah hari ini tepat 1 April, Saudara membuat lelucon atau kena April Mop dari seseorang?

Penulis: Boy Tonggor Siahaan

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *