Dinas Tenaga Kerja Ternate adakan Job Fair 2019

Dinas Tenaga Kerja Ternate adakan Job Fair 2019

Bertempat di Gedung Dhuafa Centre Ternate 23-24 Juli 2019 diadakan kegiatan Bursa Tenaga Kerja  (Job Fair )Kegiatan Job Fair ini sudah merupakan agenda tahunan, dimana ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate, sebagai bentuk kewajiban pelayanan publik dalam mengatasi masalah pengangguran dan kesempatan kerja. Melihat kondisi tersebut, maka inilah moment penting mengapa kegiatan Job Fair dilaksanakan. Menurut Dr Jusuf Sunya  Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate yang adalah Alumnus Program Pendidikan Reguler angkatan 54 Lemhannas RI Tahun 2016  sangat perduli terhadap ketenaga kerjaan di Ternate dan Maluku Utara yang juga aktifis Pemuda melihat bahwa masalah pengangguran dan kesempatan kerja selama ini disebabkan dua hal, yaitu: Ketidak-seimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja. Dimana jumlah pencari kerja setiap tahun semakin meningkat sementara jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit, sehingga terjadi kesenjangan serta menjadi kendala dalam proses penempatan tenaga kerja.  Kurangnya informasi atau terjadi kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja. Seringkali terjadi perusahaan pengguna tenaga kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan minat, kualifikasi, dan kompetensi jabatan.

Oleh karena itu, kegiatan Job Fair ini dilaksanakan dengan Maksud untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja (perusahaan) secara langsung, sehingga mempermudah proses
penempatan baik untuk penempatan. Sedangkan Tujuannya adalah memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. Membantu pengguna tenaga kerja (perusahaan) untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya serta mengurangi angka penggangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja. Dalam pasar tenaga kerja seringkali terjadi ketidakcocokan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja, untuk hal tersebut, Kota Ternate menjadi Pilot Project dalam Pembentukan SDC (Skill Development Center) pada tahun 2019 ini, sebuah wadah yang diharapkan dapat mem-formulasi rumusan kebijakan antara persoalan ketidakcocokan kebutuhan tenaga kerja di Kota Ternate. Sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan ini, adalah: Sasaran Kualitatif, yang merupakan pencari kerja yang memperoleh informasi lowongan kerja yang up to date dan akurat dari pengguna tenaga kerja secara langsung, sehingga mereka dapat memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan pekerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dan juga pelayanan antar kerja dapat terlaksana optimal,khususnya penempatan tenaga kerja. Sasaran Kuantitatif, adalah terkumpulnya informasi lowongan kerja dari 21 perusahaan penempatan tenaga kerja swasta didalam negeri. Kegiatan ini sesungguhnya menghimpun seluruh elemen dan stakeholder untuk terlibat – dimana pada acara ini dirangkaikan Penandatanganan Perjanjian bersama antara Dinas Tenaga Kerja dengan Kejaksaan Negeri Ternate terkait dengan Bidang Pendampingan, Bantuan Hukum dan Pertimbangan Hukum Ketenagakerjaan.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan, pada tanggal 23-24 Juli 2019 di Gedung Dhuafa Centre Ternate, yang kemudian dilanjutkan pada masing-masing perusahaan untuk proses pemberkasan dan seleksi. Kegiatan Job Fair selama 2 (dua) hari terbuka di gedung Dhuafa Center ini, masih membuka kesempatan hari ketiga di Kantor Dinas Tenaga Kerja. Pengalaman  tahun lalu, jumlah pencari kerja membludak dan cukup tinggi, sebanyak 3800 pencari kerja, padahal lowongan yang tersedia 600 jabatan. Sedangkan pada tahun ini sampai dengan hari ini jumlah peserta yang sudah mendaftar  melalui Dinas Tenaga Kerja telah mencapai 3.500 lebih, dengan kualifikasi jabatan sebanyak 648 lowongan, yang pada 21 Perusahaan. Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate telah mendapatkan Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Kota Ternate dari Walikota Ternate, dan hal itu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat ketenagakerjaan di  Ternate.

(sapta )

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *