Eagle : Simbol Kekuatan Spiritual Kolektif Tanpa Batas Peradaban Dunia!

Eagle : Simbol Kekuatan Spiritual Kolektif Tanpa Batas Peradaban Dunia!

Burung Elang, Satu-Satunya Hewan Yang Memiliki Nilai Spiritualitas Yang Paling Tinggi & Dipercaya Oleh Bangsa-Bangsa Beragama, Baik Agama Langit, Maupun Agama Bumi, Bahkan Tanpa Agama, Di Setiap Peradaban Kolektivitas – Kolegial Sebagai Artikulasi Filosofi Spiritualitas Atas Simbol Kekuatan Manusia Antar Generasi, Lintas Bangsa & Yang Paling Kuno di Dunia!

Bangsa Yunani  Meyakini Bahwa Elang Adalah Raja Langit & Menjadi Simbol Kehadiran Dewa Zeus, Dari Langit Mengitari, Melintasi dan Mengamati Seluruh Bumi, dan Juga Menjadi Simbol Kekuatan dan Kekuasaan Kaum Bangsawan Yunani! Bagi Bangsa Persia (Iran), Elang Adalah Simbol Kemenangan Mereka Atas Media, Tatkala Di Akhir Perang, Elang Terbang Di Atas Kumpulan Tentara Persia, Sebagai Isyarat Bahwa Mereka Telah Menaklukkan & Menang Atas Bangsa Media.

Di Kalangan Raja-Raja Eropa Kristen, Nilai Filosofi Elang Dipampatkan Sebagai Sumber Inspirasi, Edukasi, Misiologisasi, Bahkan Sebagai Simbol Kekuatan Perang! Di India Kuno, Dalam Kitab Mahabarata, Elang Diidentikkan Sebagai Garuda, Dimitoskan Sebagai Seekor Burung Besar Yang Berfungsi Sebagai Kereta Kencana Alat Transportasi Utama Yang Membawa Dewa Wisnu Ke Langit!(Jika Di India Kuno, Eagle Diidentikkan Sebagai Garuda, Maka Apakah Ada/Tidak Ada Relevansinya Dengan Konsep Garuda di Indonesia? Untuk Hal Ini Perlu Kajian Khusus.

Di Mexico,  Elang Adalah Dewa Tua Vegetasi (Dewa Langit) Yang Membawa Cahaya/Roh Sorgawi Dan Memberikan Kekuatan Kepada Kaisar, Maka Bulu Burung Elang  Menjadi Pakaian Kehormatan Bagi Prajurit, Elit & Gaun Seremonial Bagi Kaisar Aztek!

Bahkan Alkitab Indonesia Mengidentikkan Eagle Sebagai Burung Rajawali, Sebagai Simbol Penyertaan Allah Bagi Bangsa Israel, Yakni: “Kamu Sendiri Telah Melihat Apa Yang Kulakukan Kepada Orang Mesir, Dan Bagaimana Aku Telah Mendukung Kamu di Atas Sayap Rajawali Dan Membawa Kamu kepada-Ku. Ye Have Seen What I Did Unto The Egyptians, And How I Bare You On Eagles’ Wings, And Brought You Unto Myself. (Kel.19 : 4). Menariknya, Ada Banyak Negara Modern Di Dunia Yang Menjadikan “BURUNG” Sebagai Lambang NEGARA! (Paul Titihalawa )

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *