Fatma RMS akan berpotensi jadi Walikota Makassar ?

Fatma RMS akan berpotensi jadi Walikota Makassar ?

Danny Pomanto (DP) sedang menghadapi kasus hukum yg dilaporkan oleh Solihin Putra mantan wapres JK, terkait tuduhan fitnah terhdp Pak JK yg diperoleh dari rekaman suara dan diduga yg berbicara didlm rekaman tsb adlah DP. Seandainya DP diputuskan bersalah dlm proses hukum yg berjalan dan kemudian pasangan ADAMA ternyata terpilih jadi walikota Makassar, berarti Cawakilnya Fatma RMS berpotensi akan menggantikan posisi DP utk menjadi walikota Makassar.
Kedua Paslon ADAMA dan DILAN memang mendapat dukungan signifikan oleh suara minoritas di kota Makassar, khusunya suara etnis Toraja.

Jika prediksinya Fatma sbg cawakil yg akan menjadi walikota menggantikan DP , apakah segmen moniroritas dengan begitu legowo mau menerima figur sang cawakil yaitu Fatma RMS yg menjadi Walikota?. Mungkin jawabannya adalah “belum tentu” pendukung ADAMA dari segmen minoritas akan legowo. Khususnya etnis Toraja. Karena Segmen minortas dalam pilwalkot ini hanya melekat kepda figur Dg Ichal (No.3) DILAN yg di mentori oleh figur IAS dan Danny Pomanto (no.1) ADAMA

Lantas Jika segmen minoritas kurang legowo menerima figur Fatma sebagai orang yg punya potensi menjadi Walikota, maka kira2 kemana gerangan dukungan suara minoritas pendukung ADAMA akan dialihkan oleh segmen minoritas?

Dari pengamatan kami selama ini bhw kedekatan warga minoritas khususnya warga atau keluarga Toraja selain dari figur Danny Pomanto, figur Dg Ichal juga memiliki ikatan emosional dgn warga etnis Toraja dan minoritas lain di kota Makassar. Hal ini dikarenakan paslon DILAN (Ichal-Fadli) juga dimotori oleh IAS (Dg Aco) yg juga merupakan mantan Walikota Makassar selama 2 periode.
Selama periode IAS menjadi walikota di Kota Makassar, IAS memiliki hubungan silaturahmi yg sangat baik kepada warga minoritas di kota Makassar. Apalagi IAS juga memiliki titisan darah Toraja dati Batualu Sangalla Tana Toraja yg turun dari ibunda IAS.  Kaitan emosional IAS sebagai mentor dari Paslon No.3 Dg Ichal-dr Fadli (DILAN) yg dianggap berpeluang menjadikan sasaran pengalihan suara pendukung ADAMA dari segmen minoritas yg akan beralih ke Paslon no.3 DILAN (dg Ichal-dr.Fadli).

 ( Ichlas Y Pengamat Politik kota Makassar)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *