FORKARISMA komitmen untuk melayani

FORKARISMA komitmen untuk melayani

Ketika dibentuk pada tanggal 20 Februari 2016 yang lalu di Gandaria City-Jakarta, para alumni Kristen &Katolik SMA Negeri 1 Jakarta yang hadir dari berbagai lintas angkatan bersepakat untuk membentuk dan bersekutu bersama dalam suatu wadah yang dinamakanFORKARISMA (Forum Komunikasi Alumni Kristen-Katolik SMA Negeri 1 Jakarta). FORKARISMA memiliki komitmen untuk melayani 3 medan pelayanannya yaitu Alumni itu sendiri, Siswa/SiswiKristen-Katolik yang masihbersekolah di SMA Negeri 1 Jakarta, dan tentunya Masyarakat karena Alumni merupakan bagian tidak terpisahkan dari lingkungannya. Menjadi hal yang tidak mudah, karena karakteristik Alumni yang berbeda-beda mulai dari latar belakang Gereja/Pelayanannya, latar belakangEkonomi, Pendidikan termasuk berbeda angkatan yang tentu mempengaruhi ingatan tentang masa lalu dan juga cara bergaul kepada sesama angkatan, senior maupun yunior. Perlahan tapi pasti, FORKARISMA semakin hari semakin menemukan jatidirinya dan ‘model’ yang menjadi karakteristik pelayanannya.

penuh dengan sukacita untuk melayani

FORKARISMA memiliki Visi yaitu menjadi Alumni yang memiliki Iman, Pengharapan dan Kasih serta menjadi berkat bagi sesama dan lingkungan sedangkan Misi FORKARISMA adalah melangkah bersama dan  bergandengan tangan sebagai keluarga besar alumni Kristen-Katolik SMAN 1 Jakarta, yang bercirikan saling melayani dan saling membantu. Periode pertama, Pengurus FORKARISMA memiliki focus kepada pelayanan Diakonianya, tanpa bermaksud menihilkan peran pelayanan lainnya. Saat itu, banyak sekali Alumni dan Keluarganya yang dilawat oleh Tim Pelayanan Diakonia, baik itu pelayanan kepada yang sakit, pelayanan kedukaan maupun kebaktian syukur memasuki rumah baru dll. Hubungan yang baik dan harmoni sdengan pihak sekolah juga dijalin untuk meningkatkan kerjasama, sehingga FORKARISMA diberikan peran dan tanggungj awab oleh pihak sekolah untuk membantu dari sisi kerohanian Siswa

Pengutusan pengurus

Periode kedua, Pengurus FORKARISMA memiliki focus kepada pelayanan Pembinaan Siswanya termasuk pelayanan kepada Alumni baik  itu berupa Diakonia maupun Kebaktian per 3 bulanan. Pembinaan Siswa menitik beratkan kepada mentoring SRKP (Seksi Rohani Kristen Protestan) dan juga memfasilitasi Seminar kepadaSiswa/I dll. Seminar ini bukan hanya ditujukan untuk Siswa/I, tetapi juga anak/keluarga Alumni. Perayaan Paskah dan Natal-Tahun Baru rutin digelar bersamaan dengan Kebaktian per 3 bulan sejak kepengurusan periode pertama, banyak jiwa dimenangkan dari kegiatan ini. Tidak lupa juga, FORKARISMA mulai melakukan pelayanan keluar dengan mengunjungi dan berbagi kasih dengan penghuni Panti Rehabilitasi Gangguan Jiwa. Sangat indah kebersamaan dalam kasihTuhan. Periode ketiga, baru terbentuk tanggal  29Februari 2020 lalu di Menteng-Jakarta. Banyak asa yang digantungkan kepada kepengurusan periode kali ini agar Pengurus mulai melakukan Regenerasi secara bertahap. Tongkat estafet pelayanan ini kelak harus berganti, untuk mulai memberikan kesempatan kepada muka2 baru dan angkatan yang lebih muda untuk meneruskannya. Pelayan (personil pengurus) yang baru, semangat yang baru dengan tetap berfokus untuk melayan isesama dengan semangat kasih Kristus menjadi tujuan kepengurusan kali ini. Semangat dari kita, oleh kita dan untuk kita, kiranya bukan hanya sekedar slogan atau jargon semata. Semangat dari kita harus dimaknai bahwa sebisa mungkin memberdayakan seluruh potensi yang adapada Alumni. Sedangkan oleh kita, bahwa segala sesuatunya dilakukan oleh Alumni (internal). Dan terakhir adalah untuk kita, memiliki makna bahwa segala yang dilakukan harus memiliki dampak kepada Alumni. Hal ini bukan dimaksudkan sebagai sebuah sikap ekslusivme Alumni, tetapi dimaknai sebagai sebuah semangat kebersamaan Alumni untuk membangun pribadi yang unggul dan bertanggungjawab selaku alumni dari SMANegeri 1 Budi Utomo Jakarta(sesuai tujuan FORKARISNA) sehingga dalam cakupan yang lebih luas, dapatmensejahterakan kota dan bangsa. ( AS )

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *