Irjen Pol. Mohamad Iqbal Kapolda NTB yang baru

Irjen Pol. Mohamad Iqbal Kapolda NTB yang baru

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhamad Iqbal dilantik menjadi Kapolda NTB, Irjen Pol Mohamad Iqbal Alumni Akpol Tahun 1991 dan juga Alumni PPRA 54 Tahun 2016, saat menjabat Kadiv Humas POLRI kinerjanya sangat sukses dan dekat dengan para jurnalis. Dalam pelantikan Jumaat 8 Mei 2020 Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) pejabat utama Mabes Polri dan sembilan Kapolda. Acara dilangsungkan di Lantai 9 Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan “Tadi telah dilaksanakan, pada jam 09.00 serah terima jabatan pejabat utama dan sembilan Kapolda dipimpin langsung oleh bapak Kapolri,” kata Kadiv Humas Polri yang baru Brigjen Argo Yuwono. Sertijab ini merupakan tindak lanjut dari Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1377/V/KEP/2020, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, dan ST/1381/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.  Bahwa dalam telegram tersebut, Kapolri melakukan perombakan besar-besaran pada struktur internal polri. Yakni meliputi 47 polisi berpangkat Jenderal dan ratusan Perwira Menengah (Pamen) diberi jabatan baru.

Kapolri Lantik Kapolda NTB yang Baru
Berikut pejabat utama Mabes Polri dan 9 Kapolda yang dilantik oleh Kapolri:

1. Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto.

2. Kabaintelkam Polri Irjen Rycko Amelza Dahniel.

3. Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) Polri Brigjen Sutrisno Yadi Hermawan.

4. Kadiv Humas Polri Brigjen Argo Yuwono

5. Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Rusdianto.

6. Kapolda Jawa Tengah Brigjen Ahmad Luthfi

7. Kapolda Jawa Timur Irjen Mohammad Fadil Imran

8. Kapolda Sumatera Selatan Irjen Eko Indra Heri.

9. Kapolda Banten Irjen Viandar.

10. Kapolda Kepulauan Riau Irjen Aris Budiman.

11. Kapolda Kalimantan Selatan Nico Afinta.

12. Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Dedi Prasetyo.

13. Kapolda Bengkulu Brigjen Teguh Sarwono.

14. Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Mohammad Iqbal.

 

Irjen Muhamad Iqbal sukses memimpin Divisi Humas POLRI

Kinerja Divisi Humas Mabes Polri dengan semangat ” Together We are Strong ” sangat lah baik Irjen Mohmad Iqbal punya  kenangan selama menjabat Kadiv Humas Polri. “Perjalan karier di Humas Polri bagi saya adalah pengabdian yang asyik, enjoy, menantang tapi sekaligus bermakna dan membanggakan,” Kami sering tampil dilayar kaca untuk mewakili ratusan ribu personel Polri se Nusantara bahkan mewakili nama baik institusi. Ya tanpa berlebihan sosok Kadiv Humas Polri muncul sebagai salah satu public figur di negeri ini.Menurut Iqbal, di era digital humas menjadi salah satu posisi strategis dalam sebuah institusi. Arus informasi di media massa dan media sosial sangat masif, sehingga diperlukan kematangan dalam menyampaikan pesan. “Humas Polri sebagai garda terdepan harkamtibmas harus piawai dan andal, menganalisis, mengelola dan memanage media. Menaikkan isu positif dan menekan isu negatif,” ucap Iqbal.

Irjen Pol Mohamad Iqbal sosok yang rendah hati

Selain menyampaikan pesan dan pernyataan serius, menurut Iqbal, Humas Polri juga dapat menghibur masyarakat lewat berita, siaran, video, dan meme yang menarik. “Tugas Humas Polri fokus untuk mewujudkan masyarakat agar terjamin rasa tentram damai, adanya kepastian hukum namun juga fokus mewujudkan pesan bahwa masyarakat dekat dengan polisi,” Humas Polri juga harus kreatif, bayak ide, sering membuat program, seperti film, mini series di TV dan lainnya. Humas Polri, lanjut dia, juga harus tampil sebagai juru bicara yang cerdas dan profesional sehingga informasi yang disampaikan jelas dan tidak off side. Kemudian harus bisa menjalin keakraban dengan awak mulai dari pemimpin redaksi sampai reporter di lapangan. ( berbagai sumber )

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *