Ketua Umum PGI Membuka Konsultasi Nasional VIII POUK

Ketua Umum PGI Membuka Konsultasi Nasional VIII POUK

Bertempat di Hotel Olive Karawachi Provinsi Banten pada tanggal 13-15 Juni 2019  digelar Konsultasi Nasional  Persekutuan Oikoumene Umat Kristen ( POUK ) se Indonesia dimana PGI Wilayah Banten dan BP POUK Banten sebagai Tuan rumah dalam Konsultasi Nasional dengan mengambil Tema :  Tuhan mengangkat kita dari Samudra raya ( Bdk Mazmur 71 : 20 B ) dan Sub tema : Dalam Solidaritas dengan sesama anak bangsa kita tetap mengamalkan Nilai-nilai Pancasila guna menanggulangi Kemiskinan, Ketidak adilan, Radikalisme dan kerusakan Lingkungan. Dalam Konas POUK se Indonesia diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Ketua Umum  PGI Wilayah Provinsi Banten Pdt Elkarya Telaumbanua MTh MA dan Liturgos oleh Pdt Cristy Talahatu MSi, dimana Ibadah yang penuh hikmat dan kreatif di ikuti ratusan peserta seluruh Indonesia.  Dalam rangkaian Ibadah Ketua Umum PGI Pdt Dr Henriete Lebang  membuka Konas POUK se Indonesia .

Menurut Ketua Panitia Konsultasi Nasional ( KONAS ) POUK Tahun 2019 Pdt Edward Ladasi bahwa  Konas di Banten adalah hasil keputusan musyawarah di Prabumulih Sumatra Selatan . Panitia menyambut para peserta POUK Se Indonesia dengan sukacita ungkap Pdt Edward Ladasi  yang berasal dari Sinode Gereja Kristus. Pdt Edward berharap melalui Konas ini diharapkan pemikiran Kritis , kreatif, Konstruktif guna membaharui dan melalui Konas POUK Se Indonesia ada kontribusi yang dihasilkan dalam gerakan Oikoumene dan Kontribusi bagi POUK di Indonesia. Sedangkan Ketua Umum PGI Banten Pdt Elkarya Telambanua MTh dalam sambutannya merasa bangga dan Bahagia dimana PGI Banten dan POUK Banten menjadi Tuan Rumah, panggilan untuk ambil bagian dalam arak-arakan kesatuan umat yang diangkat dari Samudra raya adalah panggilan bagi POUK. POUK Sebagai  miniatur kesatuan tubuh Kristus terpanggil terus menggumuli panggilan Ekuminisnya di tengah-tengah Gereja dan Bangsa.

Dalam Pembukaan Konas POUK Se Indonesia hadir Pembimas Kristen Provinsi Banten, Dan Unsur Pemerintah Daerah ( Pemda ) yang mewakili Gubernur Banten yaitu  Kepala Bidang Ideologi dan Sosial Politik Bapak Mansyur yang memberikan kata sambutan. Ketua Umum PGI Pdt Dr Henriete Lebang dalam sambutannya menegaskan pentingnya gereja-gereja dan POUK untuk mengangkat 4 isu utama PGI yaitu kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme, dan kerusakan lingkungan. Selain itu membumikan Pancasila, UUD 1945.

( Pewarta : Sabar )

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *