Mengenal lebih dekat Direktur Polisi Air Baharkam POLRI

Mengenal lebih dekat Direktur Polisi Air Baharkam POLRI

Pada tanggal 1 Mei 2020 terjadi rotasi di Tubuh Polri bagi Perwira Tinggi ( PATI ) dan PAMEN ( Perwira Menengah ) dan salah satu yang dirotasi adalah Kombes Muhamad Yasin Kosasi promosi Bintang satu dan menduduki jabatan Direktur Polisi Air Baharkam ( Dirpolair ) Alumni Program Pendidikan Reguler Lemhannas Angkatan 54 tahun 2016 dan juga Alumni Akpol 1991  hingga saat ini Mohamad Yasin Kosasi adalah Pembalab tanggguh yang segudang prestasi. Yasin Kosasih sapaan akrab menggeluti dunia balapan diawali dengan balapan motor, sejak SMP sekitar tahun 1980 Yasin sudah ikut lomba balapan motor yaitu  grass track dan motorcross di bandung dan menjuarai kejuaran hingga tingkat Nasional. Awalnya orang Tuanya sangat kuatir terhadap keikut sertaan Yasin sejak kecil dalam ajang motor cross, namun Yasin kecil dapat memberikan keyakinan kepada Orang tuanya ditambah prestasi yang ia toreh. Yasin  merupakan alumni SMP V dan SMA V Bandung Jawa Barat.

Yasin Kosasi Pembalap tangguh

Yasin pada saat berdinas di Kepri pernah mejadi ketua jangkar biru MX team dan pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Motor Indonesia ( lMl ) Kepri periode tahun 2012-2016. Saat ini Kombes Pol  Yasin ( 52 Tahun ) masih berprestasi dalam ajang sprint rally open 2019 di nganjuk Jawa Timur, yang digelar di Sirkuit Selopark 07 Juli 2019. Bersama navigator Deni Ugun, dan manager team abah iman dari bengkel Volcano Bandung. Yasin menggunakan Mitsubishi Evolution VI warna merah seri Tomi makinen Keberhasilan Kombes Pol Yasin Kosasih dalam rally ( balapan mobil ) adalah kebanggaan POLRI dan juga Direktorat Polisi Perairan Korpolairud Baharkam Polri dimana ia bertugas saat ini. Bagi Kombes Yasin keikut sertaannya dalam Sprint Raly tidak mengganggu tugasnya sebagai anggota POLRI, yang terpenting adalah tugas di kantor dapat di laksanakan dengan baik semua tanggung jawab yang di bebankan pimpinan  dapat di laksanakan dengan tuntas. Disaat usia yang tak muda lagi, Sosok Kombes Yasin masih mengikuti berbagai ajang Sprint Raly yang penuh dengan adrenalin. Sosok Kombes Pol Yasin Kosasih masih terlihat  bugar, ia menceritakan rahasianya dengan olahraga rutin yaitu renang setiap minggu dua kali  selama 30 menit setelah itu menjaga pola makan, berpikiran positif, istirahat yang cukup dan beribadah.

Mohamad Yasin Kosasi sangat perduli pada Nilai nilai Kemanusian 

Nilai nilai kemanusian menembus skat pandangan politik, gender, status sosial, bahkan dogma agama dimana kita mengapresiasi apa yang dilakukan POLRI khususnya Polisi Air ( POLAIRUD ) dimana selasa sore 25 Februari 2020, sekitar pukul 16.30 WIB,  pada saat itu Kasubdit Patroli Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kombes Pol Yasin Kosasih SIK, MSi, bersama anggotanya tengah melakukan evakuasi korban banjir dan pengaturan arus lalu-lintas di wilayah Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Tiba-tiba salah seorang warga menghampirinya. “Pak, minta tolong, Pak. Bantu saya, keluarga saya meninggal dunia dan tidak ada yang mau urus Pak, karena semua sibuk urusin banjir,” kata Kombes Pol Yasin Kosasih menirukan permohonan warga yang menghampirinya.Tak butuh waktu lama, Kombes Pol Yasin Kosasih langsung memerintahkan personel jajarannya untuk memastikan kebenaran permohonan sekaligus laporan tersebut. Ternyata benar, ada salah seorang warga Kelurahan Cempaka Baru yang meninggal dunia. Almarhum bernama Suswandi Bin Ahmad Komar yang lahir tahun 1972. Diduga penyebab kematian adalah karena sakit. “Jenazah langsung diurus, mulai dari izin makam, menggali tanah makam, serta memandikan dan mengkafankan, serta menyolatkan jenazah semua dari personel Polair, juga dibantu warga yang akhirnya turut serta membantu petugas Polri,” ungkap Kombes Pol Yasin Kosasih.

Saat rakyat kesulitan Kombes Muhamad Yasin membantu kesulitan rakyat

Berangkat dari ketulusan dan nilai nilai kemanusiaan tanpa terekspose Media Massa selanjutnya jenazah dimakamkan di Pemakaman Umum Utan Kayu Kecamatan Pulau Gadung, Jakarta Timur.Kombes Pol Yasin Kosasih mengapresiasi tinggi kesigapan anggotanya menjawab kepercayaan masyarakat yang membutuhkan pertolongan. “Ini adalah bukti bahwa Polri semakin dicintai oleh masyarakat,” mengabdi dengan tulus ungkap Kombes Yasin Kosasi alumni AKPOL angkatan 1991.

Mohamad Yasin Kosasi perduli terhadap lingkungan hidup

Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal Dr Hady Tjahjanto dan pejabat tinggi lainnya, menanam sekitar 15 ribu pohon mangrove, dan tebar 1 juta bibit ikan di kolam perikanan Mauk.Dalam rangka merealisasikan program yang bertema “TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/2/20). “Secara serentak TNI-Polri tanam pohon mangrove dan lepas bibit udang, ikan bandeng serta nila, giat ini secara berkala sudah dilakukan TNI, Polri dan Kementerian KKP, BNPB, Pemda dan masyarakat,” kata Idham. Menurutnya, semua intansi beserta masyarakat harus bisa menjaga ekosistem lingkungan, agar kedepannya tetap terjaga dengan baik, dan bisa menjadi turun temurun untuk terus merawat serta menata penghijauan di pesisir pantai. “Kita menstimulus giat ini bersama bapak panglima ajak dan himbau masyarakat, generasi muda peduli lingkungan, baik itu penghijauan nanam mangrove atau tebar bibit ikan, tanggung jawab kita bersama, untuk generasi yang lebih baik lagi,” pesan Idham. Panglima TNI Marsekal Hady mengaku sangat kagum terhadap Polri, yang sudah merealisasikan program penanaman pohon mangrove dan melepas benih ikan, untuk mensejahterakan masyarakat, program tersebut sangat baik untuk masyarakat. “Saya bangga sekali terhadap Polri, ditengah-tengah tugasnya yang begitu berat, jamin keamanan dan ketertiban masyarakat, masih miliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan serta kesejahteraan masyarakat,” ujarnya Hady mengatakan, bahwa perawatan ekosistem mangrove sangat penting, serta berarti untuk masyarakat yang berada di pesisir pantai atau pun yang lainnya. Karena ia melihat, pohon-pohon bakau bisa menjaga pengikisan pantai saat banjir tiba. “Bila kita cermati sesungguhnya penanaman bakau dan tebar benih ikan, miliki nilai yang sangat penting terkait masyarakat sekitar, keberadaan hutan bakau yang baik serta terpelihara ekosistemnya, akan terjaga lingkungan pantai,” lugasnya.

Menurut Ketua panitia penanaman Mangrove dan tebar benih ikan Kombes Pol Muhamad Yasin Kosasi  ide penanaman Mangrove dan tebar benih berasal dari Kabaharkam setelah itu diperintahkan kepada Kakorpolairud dan dibentuk panitia dengan Ketua Kombes Pol Muhamad Yasin Kosasi yang juga Alumni Lemhannas Tahun 2016 angkatan 54. kegiatan ini juga adalah  kegiatan yang dilakukan Polri atas perintah Presiden Republik Indonesia, untuk melakukan penghijauan serta tebar bibit ikan di daerah pesisir pantai. “Giat hari ini atas kebijakan  Presiden ke kapolri,  Presiden ingin Polri tidak hanya laksanakan tugas rutin saja, Pak Presiden ingin Polri, khususnya Baharkam lebih dekat dengan masyarakat,” ujar Kombes Yasin. ( Sapta )

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *