PERWAMKI Gelar Munas VI dengan Semangat Memberitakan Kabar Baik

PERWAMKI Gelar Munas VI dengan Semangat Memberitakan Kabar Baik

JAKARTA, Harmoni.co.id — Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) menggelar acara Musyawarah Nasional (Munas) VI dari tanggal 22-24 Maret 2019. Tema yang diusung adalah Pergilah, Beritakan Kabar Baik (Bdk. Markus 16:20). Acara Pembukaan dilaksanakan di Gereja Rehobot, Function Hall lantai 3, Mall Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (22/3/2019). Sementara Munasnya diselenggarakan di Vila Pondok REM Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu-Minggu (23-24/3/2019).

Acara Pembukaan Munas diawali dengan Kebaktian Pembukaan Munas VI PERWAMKI. Pdt Dr Moelyadi Soelaiman menyampaikan pelayanan Firman Tuhan yang terambil dari Kitab Bilangan 13:1-33 tentang 12 pengintai yang diutus Musa untuk memata-matai suatu negeri yang dijanjikan Tuhan. Pdt Moelyadi Soelaiman mengatakan bahwa 12 pengintai tersebut diibaratkan 12 orang wartawan yang bertugas untuk liputan berita. Mereka seharusnya bertugas memberitakan sesuai fakta dan keadaan. Namun sayangnya, dari kedua belas orang itu, 10 orang memberitakan negatif (hoax) dan 2 orang yang diutus, yakni Kaleb dan Yosua memberitakan yang positif (faktanya benar).

“Perbedaan laporan mereka yang disampaikan kepada Musa masing-masing memiliki makna yang berbeda. Sepuluh laporan melemahkan dan dua laporan lagi menguatkan. Di sinilah para wartawan harus berhikmat kepada Tuhan dalam pemilihan kata agar apa yang diberitakan menjadi berkat,” kata mantan Ketua GSPdI ini.

Menyinggung Tahun Politik 2019 ini, Moelyadi mengimbau agar warga gereja, khususnya wartawan Kristiani untuk tidak memberitakan kabar bohong atau hoax yang tengah marak saat ini. “Buatlah berita yang mencerdaskan/mencerahkan dan memberi solusi,” harapnya.

Kebaktian pembukaan ini berlangsung baik dan lancar dengan liturgos, Pdt Dr Sapta Siagian. Selesai Kebaktian, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Stevano Margianto selaku Ketua Panitia, Yusak Tanasyah selaku Ketua Umum PERWAMKI, Pdt Harsanto Adi mewakili Penasehat PERWAMKI, Pdt Dr Ronny Mandang mewakili lembaga Aras Gereja, dan terakhir dari tuan/nyonya rumah Sinode Gereja Suara Kebenaran Injil (GSKI) yang dipimpin Pdt Dr Erastus Sabdono.

Keynote Speaker disampaikan Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang diwakili Sekretaris Jenderal Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti. Secara resmi Munas PERWAMKI dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kominfo mewakili Menkominfo.

Setelah paparan dari keynote speaker, acara dilanjutkan dengan Diskusi Kebangsaan dengan topik diskusi: Menjalankan Fungsi Pers di Tahun Politik 2019. Hadir sebagai pembicara adalah Mangasi Sihombing (Caleg DPR RI dari PSI untuk Dapil Jakarta 2), Susana Suryani Sarumaha (Caleg DPD RI), dan Sonny Kusumo (Caleg DPR RI dari PDIP untuk Dapil Jakarta 3). Diskusi ini dipandu Eman Dapa Loka sebagai moderator.

Hadir dalam Pembukaan Munas VI ini Ketua Umum PGLII Pdt Dr Ronny Mandang, Perwakilan MPH PGI Bendahara Umum Ivan Rinaldi, Ketua Umum API (Asosiasi Pendeta Indonesia) Pdt Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi, Sekjen MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia) Ega Mawardin, Pelmas PGLII Pdt Yesaya Suharsono, Pdt Roni, Yakub Pratama, calon DPD Susana Sarumaha, caleg DPR RI dari PDIP, Sonny Kusumo, dan caleg DPR RI dari PSI, Mangasi Sihombing, para mahasiswa teologi dari STT Setia, dan ratusan peserta lainnya.

Pelaksanaan Munas VI ini didukung oleh Ketua Umum Sinode GSKI Rehobot Pdt Dr Erastus Sabdono, Ketua Umum Sinode GBI Pdt Dr Japarlin Marbun, Dirjen Bimas Katolik Drs Eusabius Binsasi, Pdt Dr Abraham Conrad Supit dan Kementrian Kominfo RI.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *