Pesan Natal Gereja Protetan Nusantara (GPN) ” Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”.

Pesan Natal  Gereja Protetan Nusantara (GPN)   ” Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”.

Dengan penuh sukacita dan damai sejahtera ,kita berada lagi dalam pesta natal tahun ini ,yaitu perayaan memperingati hari kedatangan Yesus Kristus Raja Damai. Ia datang ke dalam dunia untuk mendamaikan kita dengan Allah dan sesama karena akibat dosa .Dosa membawa pemisahan antara manusia dengan Allah .Akibatnya manusia hidup dalam permusuhan sehingga manusia hidup tercerai- berai ,hudup dalam perseturuan,permusuhan,pertikaian dan lunturlah persahabatan antara Allah dan manusia . Gereja memiliki ingatan yang jelas bahwa di sepanjang jalan kehidupan bergereja,berbangsa dan bernegara,diperhadapkan dengan berbagai macam konflik sehingga keakraban atau persahabatan terkikis.Yang ada, adalah pertikaian, permusuhan, percecokan,perbantahan,perselisihan yang akhirnya terpecah- belah dan terjadilah perkelompokan dimana- mana.Manusia hidup hanya bersahat dengan kelompoknya dan bermusuhan dengan kelompok yang lain .Persahabatan yang sejati telah hilang ditelang permusuhan .

Toleransi yang indah

Warga GPN yang bersukacita dan berbahagia dalam natal ini. Tema tahun ini adalah ” Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang;Hal ini memberi ingatan kepada Gereja Tuhan bahwa : Ketika dunia hidup dalam keadaan kekacauan .Pertikaian antar kelompok telah mencabik – cabik persahabatan dan yang ada adalah saling bermusuhan.Berdasarkan hal ini maka Allah menjelma menjadi Manusia dan hidup ditengah – tengah manusia .Ia datang dan begaul karib dengan manusia tanpa memandang siapapun. IA menjadi Sahabat semua orang. Yesus Kristus berkata: Kamu adalah Sahabat- sahabatKu; Jika Gereja Tuhan di sebut sebagai Sahabat Allah ,maka Gereja Tuhan juga berkewajiban untuk hidup bersahat atau berteman dengan semua orang tanpa memandang siapapun statusnya .Gereja harus menerapkan kasih ,karena kasih itu berasal dari Allah .Ia berkata” Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Kasih itu penuh pengorbanan.Allah adalah Mahakasih Ia telah memberikan Yesus Kristus untuk sahat- sahabatnya. Jika gereja disebut sebagai sahabatNya .Maka karena Gereja Tuhan dituntut harus bersahat karib dengan semua orang, tanpa membeda- bedakan antara satu dengan yang lain.
Segenap warga GPN dimanapun berada.

Hiduplah berdamai dengan semua orang

Ditengah- tengah dunia yang sering terjadi konflik dimana- mana dan menimbulkan perpecahan sana sini.Kita diingatkan pada teladan Kristus yang datang kedalam dunia dan bersahat dengan semua orang ,walaupun Ia dimusuhi namun IA tetap menjadi Sahabat bagi semua orang. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang Sahabat yang memberikan nyawanya untuk sahabat – sahabanya. Kamu adalah SahabatKu. Teladan yang demikian patut ditiru dan diterapkan dalam kehidupan bergereja, berbangsa dan bernegara .Gereja harus rela membuka hati untuk membangun relasi ,persahabatan, keakraban ,mengsihi semua orang sekalipun itu musuh ,sebab IA berkata kasihilah musuhmu .Jadikanlah musuhmu menjadi sahabat yang karib.Hiduplah berdampingan tanpa sikut mengikut.
Hiduplah bersahabat dengan Allah maka Allah akan menjadi Sahabat kita Hiduplah bersahabat dengan semua orang maka hidup akan tanpa musuh  Hiduplah bersahabat dengan rukun karena dari situlah berkat- berkat akan mengalir di setiap saat Huduplah bersahabat dengan semua orang maka hidup akan merasa tenram , tenang dan aman sentosa. Jadi sebagai warga GPN mari kita merayakan natal sesuai dengan pesan dari PGI dan Konfrensi Wali Gereja Indonesia bahwa: Umat Kristiani harus berayakannya Natal dalam terang kehadiran Ilahi yang menawarkan persahabatan berlandaskan cinta kasih yang adalah merupakan panggilan bagi gereja untuk keluar dari sekat- sekat,suku,budaya,agama, dan status sosial dan lainnya. Demi tercapainya arti dari persahabatan yaitu bergaul karib dengan semua orang.

(Sinode Gereja Protetan Nusantara)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *