Yasin Kosasih Sosok Polisi Yang Berprestasi Di dunia otomotif

Yasin Kosasih Sosok Polisi Yang Berprestasi Di dunia otomotif

Yasin Kosasih adalah perwira menengah berpangkat tiga melati di pundaknya yaitu Komisaris Besar  di Kepolisian Republik Indonesia. Berbincang-bincang dengan Kombes Pol Muhammad Yasin Kosasih SIK,MSi diruang kerjanya tidak membosankan, Alumni Program Pendidikan Reguler Lemhannas Angkatan 54 tahun 2016 dan juga Alumni Akpol 1991 tak jemu membagi ilmunya di bidang otomotif (motor cross, speed offroad dan rally) Kombes Pol Yasin Kosasih menggeluti balapan diawali dengan balapan motor, sejak SMP sekitar tahun 1980 Kombes Yasin sudah ikut lomba balapan motor yaitu  grass track dan motorcross di bandung dan menjuarai kejuaran hingga tingkat Nasional.

Awalnya orang Tuanya sangat kuatir terhadap keikut sertaan Yasin sejak kecil dalam ajang motor cross, namun Yasin kecil dapat memberikan keyakinan kepada Orang tuanya ditambah prestasi yang ia toreh. Yasin  merupakan alumni SMP V dan SMA V Bandung Jawa Barat.

Kombes Pol Yasin pada saat berdinas di Kepri pernah mejadi ketua jangkar biru MX team dan pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Motor Indonesia ( lMl ) Kepri periode tahun 2012-2016. Saat ini Kombes Pol  Yasin ( 51 Tahun ) masih berprestasi dalam ajang sprint rally open 2019 di nganjuk Jawa Timur, yang digelar di Sirkuit Selopark 07 Juli 2019. Bersama navigator Deni Ugun, dan manager team abah iman dari bengkel Volcano Bandung. Yasin menggunakan Mitsubishi Evolution VI warna merah seri Tomi makinen, kemampuan adaptasinya sangat cepat karena belum sempat mencoba mobil ini sebelumnya dan bahkan tidak melakukan survey pacenote bersama navigator. Hari sabtu 7 Juli 2019 yang lalu  sempat tercecer keluar dari 5 besar di hari pertama, Yassin Kosasih telah mempelajari sirkuit dan bangkit di hari kedua di sisa 2 Special Stage dan akhirnya mampu bertengger di posisi 4 di kelas paling bergengsi FFA yang merupakan kelas khas dari ajang ini. Ya untuk tahap awal menggunakan Evo VI berada di posisi 4 sangat puas. Keberhasilan Kombes Pol Yasin Kosasih dalam rally ( balapan mobil ) adalah kebanggaan POLRI dan juga Direktorat Polisi Perairan Korpolairud Baharkam Polri dimana ia bertugas saat ini. Bagi Kombes Yasin keikut sertaannya dalam Sprint Raly tidak mengganggu tugasnya sebagai anggota POLRI, yang terpenting adalah tugas di kantor dapat di laksanakan dengan baik semua tanggung jawab yang di bebankan pimpinan  dapat di laksanakan dengan tuntas.

Disaat usia yang tak muda lagi, Sosok Kombes Yasin masih mengikuti berbagai ajang Sprint Raly yang penuh dengan adrenalin. Sosok Kombes Pol Yasin Kosasih masih terlihat  bugar, ia menceritakan rahasianya dengan olahraga rutin yaitu renang setiap minggu dua kali  selama 30 menit setelah itu menjaga pola makan, berpikiran positif, istirahat yang cukup dan beribadah. Kombes Yasin mengungkapkan saat pengalaman di tahun 2017 saat lomba dimana ia dihadang dengan trek yang cukup menantang yang dikemas hanya 10 hari oleh IMI Jabar dan Team RC jelang lomba di Prabuwangi Park Sirkuit Arcamanik Bandung yang merupakan satu-satunya trek dalam kota Bandung, merasakan faktor skill jadi sangat berperan.4 Trek yang disajikan cukup menyita fokusnya sebagai driver di atas tunggangan UTV turbo kelas G.

Hoby di Balapan Mobil diikuti jejaknya oleh putera sulung yaitu  Muhammad Haryasandi, Harya sering menjadi navigator, di Tahun 2018 dimana dikawal dengan akurasi navigasi rally dari putera sulungnya Harya Sandi, speed offroader nasional Yassin Kosasih mampu mewujudkan targetnya di 2 special stage hari pertama Banteng Motorsport Sprint Rally di Gading Serpong Tangerang, telah meraih juara ke 4 di kelas R1 dengan mobil retro Toyota Corolla DX yang baru di pegangnya. Kombes Pol Yassin Kosasih yang dikenal bertipe fighter till the limit ini, melaju sangat kencang di duel neraka kelas J2 dengan mobil Polaris racikan Abah Iman Volcano Bandung hingga total memimpin 12 detik di hari pertama atas rival terdekatnya Agan Fauzi speed offroader Bandung dan perally nasional Adi Indiarto. Bahkan setelah mencatatkan waktu fantastis 3 menit 36 detik di SS 1, Yassin Kosasih makin melesat lebih cepat 6 detik di SS ke-2. Hasil ini juga menempatkannya di posisi ke 1 di kelas yang dikenal sangat ketat persaingannya. ( pewarta Sapta )

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *